Game ini saya terapkan di kelas berdasarkan game S.O.S yang
sepertinya pernah dimainkan hampir oleh setiap anak. Peraturan yang mudah pun
jadi alasan dipilihnya games ini. Para pemain hanya perlu menuliskan S dan O
hingga mereka dapat membentuk S-O-S. Saat S-O-S telah terbentuk, mereka akan
mendapatkan 10 poin.
Namun, permainan ini saya modifikasi supaya dapat
mengakomodasi tujuan Speaking English
Class. Sebelum dapat menuliskan S atau O, mereka harus menjawab pertanyaan Riddle yang telah disiapkan. Berikut adalah langkah-langkah pembelajaran
dengan S.O.S game:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kalau di kelas saya membagi siswa menjadi 4 kelompok.
- Guru menjelaskan aturan main secara singkat.
- Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan pertanyaan pertama.
- Siswa yang dapat menjawab dapat maju ke depan dan menuliskan S dan kemudian membacakan pertanyaan berikutnya.
- Ajak siswa untuk berdiskusi hingga menemukan jawaban yang tepat.
- Permainan dilanjutkan hingga Riddle habis.
- Setelah selesai, tanyakan nilai-nilai karakter apa yang mereka dapatkan dari games ini.
Saya menerapkan games ini di kelas Speaking dan hasilnya positif. Para siswa lebih antusias dan tidak
takut untuk menjawab pertanyaan, alhasil aktivitas berbicara bahasa asing pun berjalan
dengan baik bahkan tanpa disadari karena suasana yang tercipta layaknya di
sebuah kompetisi.
Berikut adalah beberapa model S-O-S yang dibuat oleh siswa.
0 Komentar