Speaking and Ice Breaker: English Activity: S.O.S game


Game ini saya terapkan di kelas berdasarkan game S.O.S yang sepertinya pernah dimainkan hampir oleh setiap anak. Peraturan yang mudah pun jadi alasan dipilihnya games ini. Para pemain hanya perlu menuliskan S dan O hingga mereka dapat membentuk S-O-S. Saat S-O-S telah terbentuk, mereka akan mendapatkan 10 poin.
Namun, permainan ini saya modifikasi supaya dapat mengakomodasi tujuan Speaking English Class. Sebelum dapat menuliskan S atau O, mereka harus menjawab pertanyaan Riddle yang telah disiapkan.  Berikut adalah langkah-langkah pembelajaran dengan S.O.S game:
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kalau di kelas saya membagi siswa menjadi 4 kelompok.
  • Guru menjelaskan aturan main secara singkat.
  • Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan pertanyaan pertama.
  • Siswa yang dapat menjawab dapat maju ke depan dan menuliskan S dan kemudian membacakan pertanyaan berikutnya.
  • Ajak siswa untuk berdiskusi hingga menemukan jawaban yang tepat.
  • Permainan dilanjutkan hingga Riddle habis.
  • Setelah selesai, tanyakan nilai-nilai karakter apa yang mereka dapatkan dari games ini.


Saya menerapkan games ini di kelas Speaking dan hasilnya positif. Para siswa lebih antusias dan tidak takut untuk menjawab pertanyaan, alhasil aktivitas berbicara bahasa asing pun berjalan dengan baik bahkan tanpa disadari karena suasana yang tercipta layaknya di sebuah kompetisi.





Berikut adalah beberapa model S-O-S yang dibuat oleh siswa. 



Posting Komentar

0 Komentar